1 Desember 2021

mctvjabar.com

MEDIA INFORMASI TERDEPAN

SMA 2 Bukitttinggi Gelar Acara Market Day

SMA 2 Bukitttinggi Gelar Acara Market Day

SMA 2 Bukitttinggi Gelar Acara Market Day

Spread the love

mctvjabar.com-SMA 2 Bukittinggi pada hari ini Jum’at 19 November 2021 dihalaman A 2 Bukittinggi, menggelar produk-produk hasil kreasi siswa-siswi kelas X sampai kelas XII, dengan bertema kan “Menumbuhkan Jiwa Enterpreneur melalui kegiatan Market Day”.

Pada acara tersebut dibuka Kepala Cabang Dinas Wilayah 1 Mardison, S.Pd., M.Pd , dengan pengguntingan pita di area Market Day, dengan dihadiri Kepala Sekolah SMA 2 Bukitttinggi, Emizar, S.Pd, M.Si, dengan dihadiri ketua Komite yang diwakili anggota Komite SMA2 Jasman, SH, seluruh guru dan siswa-siswi SMA2 Bukitttinggi.

Disampaikan Waka Humas SMA 2 Dedi Supardi S.Pd., M.Pd, bahwa produk kewirausahaan yang ditampilkan dari 31 kelas hari ini yakni pengolahan makanan dan minuman, serta kerajinan, untuk makanan bisa makanan fungsional dan makanan khas daerah, seperti kroket kentang, bakwan, risoles, sandiwich, dan lain-lain.

Sementara itu, Kacabdin Wilayah 1 Mardison menyampaikan bahwa ini adalah hal yang sangat luar biasa , biasanya SMK mengajarkan jurusan kewirausahaan, tetapi saat ini SMA 2 mampu melaksanakan marketing dengan membuat dan memasarkan hasil dari siswa itu sendiri untuk bisa dipromosikan dan djual di sekolah dan masyarakat.

Mardison berharap dengan kegiatan tersebut, bisa menumbuhkan jiwa mengembangkan potensi mereka untuk menciptakan sesuatu untuk mereka berbuat lebih baik.

“Semoga siswa-siswi di SMA 2 ini muncul sebagai orang-orang yang mampu mengembangkan potensinya sehingga bisa menjadi wirausaha muda sebagai pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu untuk harapan masa depan bangsa,” harapnya.

Hal yang sama dijelaskan Kepala Sekolah SMA2 Bukitttinggi Emizar, bahwa kegiatan Market day ini Insyaallah akan dilaksanakan setiap 3 bulan sekali atau dalam setahun akan diadakan 4 kali acara.

“Gunanya adalah agar siswa tahu bagaimana sulitnya orang tua mencari uang, kita juga sesuaikan visi dan misi bapak Gubernur Sumatera-Barat, Mahyeldi, bahwa beliau mencanangkan akan lahir sepuluh ribu Enterpreneur dari Sumatera-Barat untuk menggiatkan jiwa enterpreneur di sekolah kita,” tukas Kepsek SMA 2 Emizar.

Pada kesempatan yang sama anggota Komite SMA2 Bukitttinggi Jasman menyampaikan bahwa mereka sangat mengapresiasi atas kegiatan ini.

Menurut Jasman, melalui Market day ini adalah merupakan tahap awal memperkenalkan kepada anak-anak kita bagaimana kita merencanakan,mengolah dan menjual atau menjajakan hasil dari kreativitas tersebut

Ditambahkannya, yang tak kalah pentingnya ini adalah kita bisa menunjukkan kepada orang luar bahwa generasi muda itu bisa berbuat dan perlu dibina dan dikawal oleh guru dan majelis guru, serta orang tua dan juga didukung oleh komite.

Dan juga seperti yang disampaikan tadi bahwa siswa SMA itu diajarkan kegiatan ekskul itu biasanya dilakukan oleh anak SMK tapi ini dilaksanakan oleh SMA, sehingga kegiatan ini perlu dicontoh dan disebar luaskan kepada sekolah lain.

“Semoga melalui kegiatan ini kita dapat menumbuhkan jiwa enterpreneur dari siswa tersebut,” pungkas Jasman.(Linda Sari).