Sudah Saatnya Oknum-Oknum Yang Mengaku Wartawan Bertopeng Preman/Beking Ditindak Tegas”

Peran Intelejen Daerah “

Pengamat Pemerintahan Daerah Iwan Singadinata

MCTVJABAR.COM – TASIKMALAYA. Intelejen dalam bahasa Inggris intelligence adalah satuan informasi yang dihargai atas ketepatan waktu serta relevansinya, berupa informasi yang akurat, atau “fakta” yang merupakan informasi yang telah diverifikasi.

Intelijen merupakan sebuah proses penginderaan awal, lebih dikenal dengan sebutan early warning system atau sistem peringatan dini.

Pada dasarnya dalam pandangan umum tugas intelijen, mengumpulkan, menganalisa dan memberikan informasi yang diperlukan kepada pembuat kebijakan dalam mengambil keputusan untuk mencapai tujuan.

Peran Intelijen dan tugasnya adalah multi fungsi dalam berbagai kegiatan, termasuk pekerjaan yang dilakukan secara terencana, terarah, terukur, tertutup guna mencegah, menangkal, menemukan jejak, serta menggagalkan usaha-usaha, pekerjaan pihak lain dalam melakukan kegiatan sabotase, spionase atau pencurian bahan keterangan rahasia negara.

*Dalam Era Milenium semua bentuk kegiatan atau usaha-usaha gangguan Kamtibmas semakin berani dan meningkat, apalagi
kaitannya dengan bentuk persoalan/permasalahan yang banyak dihadapi saat ini, baik pribadi maupun kelompok yang bercampur baur di lingkungan masyarakat, sehingga keresahan menimbulkan ketakutan yang berlebihan.

Setiap aktivitas pekerjaan apapun, kini telah dirasuki para Premanisme Bertopeng, mereka ada yang menjadi anggota organisasi masyarakat (Ormas), Jurnalis, termasuk Ormas keagamaan
Sudah banyak contoh yang sering kita lihat di media elektronik, cetak dan medsos yang dilakukan oknum-oknum yang bernaung untuk mengelabui peranannya.

Peran Intelejen Daerah.

Intelejen Daerah Diterjunkan bukan hanya persoalan keamanan dan ancaman semata, sangat penting dalam berbagai aktivitas dimasyarakat sebagai bentuk upaya mengumpulkan informasi untuk pencegahan dini.

Seperti contoh : Negara Amerika Serikat saja dalam menghadapi Penyakit baru yang menyerang pegawai kedutaannya dengan sebutan “Havana Syndrome” memerintahkan intelejen untuk melakukan investigasi lapangan guna memberikan dan mengumpulkan informasi yang akurat.
(bersambung)

Singaparna.(20/5/2021)

Gringohonasan

Sumber : literatur/ pustaka pribadi

Posted in
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Lainnya