Terkait kesimpangsiuran kepengurusan Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Lahat

Masyarakat Desa Cigalontang Berharap Ingin Mendapatkan Lagi Program P3A.

Masyarakat Desa Cigalontang Berharap Ingin Mendapatkan Lagi Program P3A.

MCTVJABAR.COM – TASIKMALAYA-Program Peningkatan Percepatan Tata Guna Air Irigasi (P3A) adalah program Rehabilitas perbaikan jaringan Irigasi yang berbasis peran serta masarakat petani yang dilaksanakan oleh perkumpulan petani pemakai air”

Program yang diturunkan dari aspirasi pusat yang disalurkan ke Kabupaten Untuk pelosok desa, dilaksanakan oleh Dinas PUPR yang bekerjasama dengan BBWS Jabar, tentunya sangat membantu bagi masyarakat kelompok tani,yang mana Air sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi para petani”

“Seperti hal nya yang hampir selesai pengerjaan nya yang ada di wilayah Desa Cigalontang Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa barat, Sabtu 22/05/2021.

Kosum Permana sebagai mantan Kades Cigalontang mengatakan, “Memang pada akhir jabatan ini, dan kebetulan dari awal sampai akhir dari mulai menjabat sebagai kepala desa, “alhamdulillah baru tahun ini bisa dapat program P3A dari BBWS dan alhamdulillah di akhir jabatan ada istilahnya sedikit dari penilaian masyarakat bahwa di akhir jabatan juga masih bisa membangun melalui program P3A ini,”ujarnya.

“Tetapi, memang masih ada yang belum terpenuhi keinginan masyarakat, karena selama menjabat menjadi kepala desa tidak maksimal, karena mungkin situasi sekarang lagi pandemi covid-19. Jadi keinginan masyarakat belum semua nya terpenuhi.

Lihat saja disini hamparan persawahan nya masih luas dan jauh dari kata memadai karena kontur tanah disini labil, jadi jelas sangat di perlukan sekali akses saluran air yang memadai,”imbuhnya.

lanjut kosum, “Ini saja dari tiap cowal baru 175 meter pertitik nya, kebetulan di sini kami di buat untuk di empat titik pengerjaan nya dan kebetulan belum selesai semuanya tinggal pinishing saja.

Kalau bisa kami memohon kepada pemerintah, terutama BBWS untuk di masukan kembali untuk kedepan nya, karena masyarakat desa cigalontang itu hampir 80% itu petani jadi kami berharap dengan sangat, “untuk kedepan nya bisa mendapatkan lagi dari program P3A ini,”harapnya.

kosum juga berpesan untuk kepala desa yang akan di lantik Mudah-mudahan secepatnya di lantik agar bisa langsung bekerja, untuk bisa melanjutkan progres yang sudah berjalan selama saya menjabat kepala desa, dan apa yang telah saya jalankan tolong di rawat dan di pelihara dulu yang ada, supaya agar bisa terawat, dan kalau langsung membangun itu proses nya susah.

Dan mudah-mudahan untuk kepala desa setelah di lantik nanti bisa lebih berkompeten dan menonjol dalam segala bidang demi kemajuan masyarakat yang ada di desa cigalontang ini,

“saya yakin dengan kepala desa yang masih muda ini bisa membawa masyarakat desa cigalontang ke arah lebih baik. Karena selama saya menjabat enam tahun saya hanya ini kemampuan saya untuk membangun desa cigalontang.
Mudah-mudahan pemerintah desa yang sekarang bisa mendorong lagi ke inginan masyarakat yang belum tuntas, “tandasnya.

“Hal yang sama pun di sampaikan oleh Momo Marsono sebagai ketua kelompok tani Giri Mandiri yang ada desa cigalontang ,mengucap kan Syukur dan terima kasih kepada semua Pihak yang sudah ikut membantu dalam melaksanakan kegiatan ini.

“terutama kepada BBWS dan pemerintah desa, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat , dan maupun yang di pusat, atas bantuan nya melalui Program Peningkatan Percepatan Tata Guna Air atau yang sering di sebut P3A yaitu saluran irigasi ini.

karena terus terang kami mendapatkan dampak positive sebagai penerima manpaat yaitu masyarakat, karena sistem pengairan nya jadi merata dan untuk selanjutnya mungkin akan lebih meningkat dari segi kualitas padi nya pun setelah ada pembangunan irigasi ini.

yakin akan meningkat dan rupanya untuk kedepan nya masih banyak harapan kami untuk di bangun saluran-saluran irigasi di desa cigalontang ini.

Malahan kemarin dari pihak BBWS sudah di cek lokasi yang belum terbangun dan ternyata masih ada delapan titik lagi katanya yang harus di bangun.

Ya Mudah-mudahan dengan bantuan dari semua pihak ya begitu pun untuk para awak media agar bisa membantu untuk pembangunan selanjutnya,”harapnya.

Reporter : Andri

Editor : Redaksi

Posted in
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Lainnya