“Dugaan Korupsi Anggaran Pengadaan Gerobak TA.2020 Di DinasSosial, Sebaiknya Inspektorat Telusuri Kebenarannya”

Gerhana Bulan Total, Warga Pesisir Jabar Diimbau Waspada

Jam Berapa Puncak Gerhana Bulan Total Hari Ini? Simak Penjelasan BMKG

Bandung – mctvjabar.com – Fenomena astronomi Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi pada 26 Mei 2021. Warga yang tinggal di pesisir perairan Jawa Barat diimbau waspada terkait air pasang laut.

“Masyarakat yang berada di pesisir atau pinggir laut (pantai) perlu mewaspadai terjadinya pasang air laut yang lebih tinggi dari pasang normalnya,” ujar Kepala Stasiun Geofisika (Stageof) Bandung Teguh Rahayu saat dihubungi detikcom, Rabu (26/5/2021).

Lebih lanjut, meski efek GBT dinilainya tak terlalu signifikan namun tetap berpengaruh terhadap kenaikan pasang air laut yang biasa terjadi saat bulan purnama.

“Maka dari itu BMKG memghimbau Masyarakat yang berada di pesisir atau pinggir laut (pantai) untuk mewaspadai terjadinya pasang air laut yang lebih tinggi dari pasang normalnya,” sambung Ayu, sapaan akrab Teguh Rahayu.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung Rasmid menjelaskan, hubungan antara gerhana Bulan dengan pasang air laut terdapat pada gaya tarik.

“Posisi saat gerhana sekarang adalah posisi Bulan dan Bumi paling dekat, sehingga gaya tarik Bulan akan sedikit berpengaruh. Pengaruh salah satunya terhadap air di permukaan bumi yaitu lautan, akan ada pasang akibat fenomena gerhana Bulan Total ini,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, masyarakat yang bekerja sebagai nelayan masih dapat melakukan aktivitas melautnya dengan catatan, agar meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan peralatan yang mumpuni.

“Ya tidak apa-apa melaut juga, paling ukuran kapalnya agak besar dan berhati-hati serta selalu waspada,” ujarnya.

Sementara itu, prakiraan tinggi gelombang laut di perairan Jawa Barat pada 26 Mei 2021 yaitu untuk Perairan Selatan diprediksi mencapai 3,5 sampai dengan 5 meter. Berbeda dengan Perairan Utara yang diprediksikan lebih kecil yaitu berkisar hingga 1,5 meter.

Posted in
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Lainnya